JBA INDONESIA

Tata Cara Lelang Mobil


STANDAR OPERASIONAL DAN PROSEDUR LELANG MOBIL PT JBA INDONESIA


KETENTUAN DAN SYARAT -  SYARAT LELANG


LELANG MOBIL
  1. PADA SAAT OPEN HOUSE
    • Selama acara Open House peminat diberikan kesempatan untuk memeriksa fisik & dokumen unit yang akan di Lelang, pada saat Lelang tidak diperkenankan lagi untuk melihat objek lelang. Peminat dianjurkan mengisi dan menandatangani buku tamu, sebagai bukti kehadiran dan telah memeriksa objek lelang.
    • Pengunjung Open House dilarang mengambil atau merusak atau memindahkan atribut, nomor, tulisan atau tanda-tanda yang menempel pada objek lelang.
  2. KONDISI OBYEK YANG DI LELANG
    • Peserta lelang memahami dan menyetujui bahwa unit yang di Lelang adalah “sebagaimana adanya” pada saat dilelang.
    • Peserta lelang telah memeriksa/mengerti/mengakui  kondisi fisik unit dan dokumen objek lelang. Jika terdapat kekurangan atau cacat baik yang terlihat maupun tidak terlihat sepenuhnya menjadi resiko pemenang lelang.
    • Untuk memudahkan peminat lelang, disediakan daftar lot yang berisi informasi tentang unit lelang yang dapat dijadikan bahan panduan dalam memilih unit lelang. Jika ada perbedaan antara daftar lot dengan gambar sorot yang di tampilkan pada saat lelang, maka spesifikasi fisik akhir pada saat lelang akan menjadi acuan.
    • Daftar lot lelang tidak bisa dijadikan dasar keberatan atau klaim atas unit yang telah dimenangkan.
  3. SEBELUM MENGIKUTI LELANG
    • Peminat yang bermaksud mengikuti Lelang harus melakukan pendaftaran Lelang dan menyetor uang jaminan sebesar :
      Rp.      5.000.000,-   (Lima juta rupiah) per lot.
      Rp.    10.000.000,-   (Sepuluh juta rupiah) tanpa batas Lot (Member)
      Rp.    20.000.000,-   (Dua puluh juta rupiah) untuk Maksimal 10 unit
    • Uang jaminan disetorkan ke Rekening:
      •    Jba Jakarta BCA 526 534 2121 Cabang Sahid Residence Jakarta atas nama PT. Jba Indonesia.
      •    Jba Palembang   BCA 526 534 4477 atas nama PT. Jba Indonesia
      •    Jba Bekasi   BCA 526 530 5005 atas nama PT. Jba Indonesia
      •    Jba Surabaya   BCA 526 522 1111 atas nama PT. Jba Indonesia
      •    Jba Makasar   BCA 526 532 6151 atas nama PT. Jba Indonesia
      •    Jba Pekanbaru   BCA 526 531 7003 atas nama PT. Jba Indonesia
      •    Jba Medan   BCA 526 533 1235 atas nama PT. Jba Indonesia
      •    Jba Banjarmasin   BCA 526 532 5383 atas nama PT. Jba Indonesia
           dan sudah efektif/diterima di rekening tersebut pada saat pendaftaran peserta Lelang.
    • Peserta dapat mendaftarkan diri sebagai peserta lelang ke panitia lelang di masing-masing kota dimana PT Jba Indonesia berada.
    • Peminat yang sudah menyetorkan uang jaminan wajib menyerahkan Slip Setoran Jaminan Asli dan Foto Copy  KTP atau tanda pengenal lainnya untuk memperoleh Nomor Induk Peserta Lelang ( NIPL ) di Counter registrasi PT. Jba Indonesia.
  4. PADA SAAT MENGIKUTI LELANG
    • Hanya peserta Lelang yang memiliki Nomor Induk Peserta Lelang (NIPL) yang bisa mengajukan penawaran.
    • Penawaran lelang dilakukan secara Lisan dengan sistem naik-naik oleh Pejabat Lelang yang akan dibantu oleh Pemandu Lelang.
    • Lelang akan dibuka dengan harga dasar dan kemudian dinaikkan dengan kelipatan Rp 500.000 ( Lima ratus ribu rupiah) .
    • Pemenang Lelang adalah peserta yang mengajukan harga penawaran tertinggi dan akan ditetapkan sebagai pemenang lelang dengan ditandai ketukan palu oleh Pemandu Lelang.
    • Pemenang Lelang sepenuhnya bertanggung jawab atas apa yang ia tawar dan ia menangkan.
    • Peserta yang dinilai mengacaukan jalannya Lelang akan didiskualifikasi / dikeluarkan dari acara lelang.
  5. SESUDAH LELANG
    • Pemenang Lelang dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 1.250.000,- (satu juta dua ratus Lima puluh  ribu rupiah) per unit Lelang yang dimenangkannya.
    • Pemenang Lelang wajib melunasi total harga Lelang selambat - lambatnya 5 (lima) hari kerja terhitung sejak  tanggal Lelang.
    • Pemenang Lelang yang sudah membayar lunas harga Lelang dan sudah efektif/diterima  di rekening a/n PT. Jba Indonesia, dapat melakukan serah terima dokumen dan kendaraan dengan menunjukkan bukti transfer asli.
    • Pemenang Lelang yang membatalkan diri pada unit yang dimenangkan atau tidak melunasi pembayaran sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan, maka pemenang dinyatakan wanprestasi (kemenangannya batal) dan uang jaminan hangus.
    • Seluruh peserta wajib mengembalikan NIPL yang tidak dimenangkan kepada Panitia  Lelang. Setiap NIPL yang hilang akan dikenakan denda sebesar Rp 500.000,- (Lima ratus ribu rupiah).
    • Panitia Lelang (PT JBA Indonesa) tidak akan melakukan pengembalian uang jaminan peserta yang kalah  apabila tidak mengembalikan seluruh sisa NIPL.
    • Pengembalian uang jaminan akan diproses dalam bentuk transfer dengan jangka waktu 2 (dua) hari kerja untuk rekening BCA dan 5 (lima) hari kerja untuk rekening selain BCA, terhitung sejak penyampaian permohonan pengembalian  uang jaminan oleh  peserta lelang dengan menyerahkan NIPL, tanda terima pembayaran uang jaminan asli (kuitansi) dan formulir  pengajuan pengembalian uang jaminan. Untuk peserta lelang online pengembalian uang jaminan akan ditransfer ke nomor rekening yang sama dengan nomor rekening pengirim pada saat pembayaran uang jaminan.
    • Untuk pengembalian kelebihan pembayaran akan diproses secara Transfer dengan jangka waktu 7 (tujuh) hari kerja setelah pengajuan kelebihan pembayaran.
    • Pengembalian uang jaminan akan ditransfer ke rekening peserta sesuai dengan nomor rekening yang  tercantum dalam formulir  pendaftaran.
    • Bagi peserta yang memenangkan lebih dari 1 (satu) lot maka harus melunasi seluruh lot yang dimenangkan dan total uang jaminan akan diakumulasi diakhir pelunasan.
    • Apabila sampai dengan 2 (dua) hari kerja setelah batas pelunasan yang telah ditetapkan unit belum juga diambil pemenang, maka akan dikenakan biaya penitipan sebesar Rp 150.000 (Seratus lima pulah ribu rupiah) per unit per hari keterlambatan, dengan ketentuan bahwa segala kerusakan dan kehilangan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemenang. Unit tersebut baru boleh diambil setelah biaya penitipan dibayar lunas.


  6. KETENTUAN LAIN-LAIN
    • Biaya yang timbul dalam rangka peralihan hak atau pengembalian/pemindahan kendaraan menjadi tanggung jawab pemenang.
    • Pendaftaran, pelunasan, pengambilan unit dan pengambilan dokumen tidak boleh diwakilkan kecuali disertai dengan surat kuasa bermeterai disertai asli KTP pemenang dan kuasanya.
    • Objek lelang tidak bisa ditukar sebagian atau keseluruhan dengan objek lain atau objek lelang manapun.
    • Peserta lelang yang tidak melakukan pengecekan fisik dan atau dokumen unit yang di lelang, disarankan agar tidak melakukan penawaran, untuk menghindari kerugian peserta sendiri.
    • Peserta Lelang agar mengambil Daftar lot Final pada saat hari lelang untuk antisipasi adanya perubahan.
    • Nomor Polisi/Plat Nomor kendaraan yang berlaku adalah yang tercantum di Katalog/label Lot.
    • Khusus komplain Nomor Rangka Dan Nomor mesin paling lambat 1 (satu) bulan terhitung sejak  tanggal lelang.
    • Pengajuan komplain BPKB Blokir, BPKB Duplikat dan BPKB belum di BBN (Balik Nama) paling lambat 3 (tiga) bulan terhitung sejak  tanggal lelang.