Cara Cek BPKB Motor Baru Sudah Jadi atau Belum

News picture Cara Cek BPKB Motor Baru Sudah Jadi atau Belum
date_range 2024-07-03
schedule 09:45:29
Cara Cek BPKB Motor Baru Sudah Jadi atau Belum

Apakah Anda baru saja membeli motor baru? Jika iya maka Anda harus segera memeriksa apakah BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) motor sudah jadi atau belum. Peranan BPKB yang sangat krusial menuntut Anda untuk memiliki dokumen tersebut agar kepemilikan kendaraan yang digunakan sehari-hari menjadi sah di mata hukum. Cara cek BPKB motor baru sebenarnya mudah saja. 

JBA Indonesia sudah menyiapkan informasi mengenai empat caranya yang bisa diikuti dengan mudah. Namun sebelum itu coba pahami dahulu apa itu BPKB dan mengapa dokumen satu ini sangat penting dimiliki oleh setiap pemilik kendaraan. Tanpa berpanjang lebar, langsung simak informasi lengkapnya di bawah ini! 

Baca juga: Cara Mengurus BPKB Hilang yang Perlu Diketahui

Pentingnya Cek atau Verifikasi BPKB Motor Baru

Sebelum Anda memperdalam pengetahuan mengenai cara cek BPKB motor baru, penting untuk benar-benar memahami mengapa proses ini sangat diperlukan. Setidaknya ada enam alasan mengapa BPKB motor yang baru perlu segera diverifikasi, yakni sebagai berikut. 

1. Keabsahan Dokumen

BPKB adalah jaminan keabsahan dokumen suatu kendaraan. Kepemilikan BPKB menandakan bahwa Anda memiliki hak resmi atas kepemilikan motor yang sesuai dengan hukum yang berlaku. Kepemilikannya bahkan memberikan kepastian bahwa motor tersebut tidak dalam status sengketa atau masalah hukum lainnya yang bisa mengganggu penggunaan sehari-hari.

2. Perlindungan Hukum

Memiliki BPKB yang valid memberikan perlindungan hukum yang sangat penting. Apabila suatu saat terjadi sengketa atau klaim atas kepemilikan motor maka Anda dapat membuktikan diri berada di pihak yang benar. Perlindungan hukum ini juga meliputi hak Anda untuk menggunakan motor dengan bebas tanpa khawatir terkena masalah hukum yang tidak diinginkan.

3. Proses Pajak yang Mudah

BPKB yang sudah jadi juga memudahkan proses pembayaran pajak kendaraan. Anda dapat membayar pajak dengan tepat waktu tanpa hambatan administratif. Kelancaran membayar pajak jelas akan menghindarkan Anda dari denda atau masalah lainnya yang dapat timbul dan dilimpahkan kepada pemilik kendaraan. 

4. Transaksi Jual Beli yang Aman

Dalam transaksi jual beli motor, kepemilikan BPKB bisa dibilang segalanya. Meski kondisi motor baik dan terbukti diservis secara berkala, tetapi semua itu akan percuma apabila BPKB tidak dimiliki. Pembeli pasti akan merasa lebih percaya diri dan aman untuk membeli motor jika Anda dapat menunjukkan BPKB yang sah. 

5. Kepatuhan Terhadap Peraturan

Kepemilikan BPKB menunjukkan bahwa Anda patuh terhadap peraturan dan regulasi yang berlaku dalam penggunaan kendaraan bermotor. Kepemilikannya membantu menciptakan kondisi yang lebih aman dan teratur dalam penggunaan kendaraan, serta menghindari potensi masalah dengan pihak berwenang.

6. Mendaftarkan Asuransi

Kepemilikan BPKB juga sangat berguna apabila Anda ingin membeli asuransi untuk motor kesayangan. Tanpa lampiran BPKB maka motor bisa saja diasumsikan sebagai kendaraan hasil pencurian sehingga tidak dapat didaftarkan dalam asuransi apa pun.

Baca juga: Cara Mengurus BPKB Mobil Lelang

Bagaimana Cara Cek BPKB Motor Baru?

Setelah memahami pentingnya verifikasi BPKB motor baru, mari lanjutkan pembahasan mengenai cara mengeceknya. Terdapat beberapa metode yang dapat digunakan untuk memeriksa apakah BPKB motor baru Anda sudah jadi atau belum. Berikut penjelasan lengkap untuk masing-masing metode pengecekannya.

1. Pergi ke Kantor Samsat Terdekat

Apabila rumah Anda dekat dengan kantor Samsat, mengunjunginya akan menjadi cara yang paling mudah dilakukan untuk mengetahui apakah BPKB motor baru sudah jadi atau belum. Di sana, Anda dapat bertemu dengan petugas yang akan membantu memeriksakan status BPKB secara langsung. 

Pastikan untuk membawa dokumen yang diperlukan seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan identitas diri (KTP/SIM). Nantinya petugas Samsat akan langsung melakukan verifikasi data dan memberikan informasi terkait status BPKB Anda. 

2. Cek Melalui Aplikasi

Beberapa daerah memiliki aplikasi resmi yang memungkinkan Anda untuk memeriksa status BPKB secara online. Namun tidak semua daerah memiliki aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecek status BPKB motor baru tersebut sehingga Anda perlu melakukan pengecekan terlebih dahulu. 

Untuk memudahkan Anda, berikut beberapa contoh aplikasi yang tersedia untuk masing-masing daerah. 

No. 

Daerah

Nama Aplikasi

1. 

DKI Jakarta

Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta

2. 

Jawa Barat

SAMBARA

3.

Jawa Tengah

SAKPOLE e-SAMSAT JATENG

4.

Jawa Timur

E-SMART SAMSAT JATIM

5.

Kalimantan Utara

eSAMSAT Kalimantan Utara

6.

Lampung

Info Pajak Kendaraan Bermotor Bapenda Lampung

7.

Kepulauan Riau

ESamsat KEPRI

3. Cek Melalui Website

Situs web resmi kepolisian daerah juga menyediakan layanan untuk memeriksa status BPKB secara online. Anda bisa mengunjungi website resmi Samsat yang tersedia untuk setiap daerah dengan mudah melalui smartphone dari mana saja dan kapan saja. 

Panduan pengecekannya pun sudah tersedia ketika Anda mengunjungi website Samsat tersebut. Jadi Anda pasti tidak akan kebingungan ketika akan melakukan pengecekan. Jika semua instruksi diikuti dengan baik maka pengecekan BPKB bisa dilakukan dengan lancar tanpa hambatan. 

4. Cek Melalui SMS

Layanan SMS juga dapat menjadi pilihan praktis untuk memeriksa status BPKB motor baru Anda. Misalnya, untuk wilayah Jawa Barat, Anda dapat mengirimkan SMS ke nomor 08112119211 dengan format: 

“INFO(spasi)Nomor Polisi(spasi)Warna Kendaraan”

Jika semua informasi yang diberikan benar maka Anda akan menerima balasan yang berisi informasi mengenai status BPKB motor baru. Pastikan untuk memahami format yang benar dan mengirimkan SMS ke nomor yang tepat sesuai dengan instruksi yang diberikan.

Itu dia cara cek BPKB motor baru sudah jadi atau belum yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Bila BPKB motor belum terbit dalam waktu 2 minggu atau sebulan, sebenarnya Anda tak perlu khawatir. 

Sebagai informasi, penerbitan BPKB umumnya memakan waktu dua hingga tiga bulan. Periode waktunya bahkan dapat berbeda-beda tergantung cara pembayaran yang dilakukan. Jika Anda membeli motor dengan uang tunai maka BPKB akan terbit paling lama tiga bulan. Namun bila motor dibeli dengan kredit maka BPKB baru akan diberikan setelah pembeli melunasinya.

Selain mempelajari cara mengecek BPKB baru, informasi dalam artikel ini juga memberikan Anda penjelasan mengenai pentingnya kepemilikan BPKB. Salah satunya yang telah dibahas ialah transaksi jual beli yang aman. Pasalnya pada masa mendatang, kepemilikan BPKB akan menjadi kunci apakah motor tersebut bisa dijual kembali atau tidak.

Yuk, Ikut Lelang Sekarang!

Kepemilikan BPKB bahkan sangat dibutuhkan jika Anda ingin menjualnya melalui lelang motor di JBA Indonesia. Tentunya ada syarat-syarat lain yang perlu dipenuhi agar kendaraan Anda bisa berpartisipasi dalam lelang. Jika Anda baru dalam hal ini, JBA Indonesia punya semua informasi yang dibutuhkan untuk menjawab semua pertanyaan. 

Bukan hanya sebagai penjual, Anda juga bisa berpartisipasi dalam lelang motor JBA Indonesia sebagai pembeli alias buyer. Semua informasi persyaratan dan proses mengikuti lelangnya juga sudah tersedia jelas di website JBA Indonesia. Jadi langsung saja kunjungi JBA Indonesia dan dapatkan semua informasi yang Anda butuhkan!

Artikel Terkait

date_range 2024-09-18
schedule 11:06:00
10 Rekomendasi Mobil LCGC Terbaik yang Aman dan Nyaman

Dalam beberapa tahun...

Baca Selengkapnya
date_range 2024-09-18
schedule 10:52:00
Cara Lelang Timed Auction JBA Indonesia

Bagaimana cara lelang timed...

Baca Selengkapnya
date_range 2024-09-18
schedule 10:11:00
LELANG EXCLUSIVE MAF & MCF SEPTEMBER 2024

LELANG EXCLUSIVE JBA INDONESIA

Baca Selengkapnya
News author picture PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia adalah balai lelang otomotif tepercaya dengan menyediakan berbagai macam pilihan kendaraan bekas. Tiap minggunya, JBA berhasil melelang lebih dari 1000 unit kendaraan untuk para pelanggan JBA.

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp