6 Kesalahan Dasar Pengemudi Mobil Manual

News picture 6 Kesalahan Dasar Pengemudi Mobil Manual
date_range 2017-10-02
schedule 16:46:58
6 Kesalahan Dasar Pengemudi Mobil Manual

Pengemudi mobil dengan transmisi manual, umumnya mempunyai image yang lebih “skill-full” soal berkendara, dibandingkan dengan mobil dengan transmisi matik. Padahal belum tentu begitu, banyak ternyata masih banyak kebiasaan negatif, yang masih kerap dilakukan oleh beberapa pengguna kendaraan dengan tiga pedal tersebut.

Setidaknya ada enam hal yang bisa dijadikan bahan renungan, memang tidak sampai menyebabkan kecelakaan, tetapi dapat menyebabkan beberapa komponen mobil cepat rusak, sampai boros bahan bakar.

Baca juga: Setir Mobil Terkunci? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya!

6 Kesalahan Dasar Pengemudi Mobil Manual

Berikut adalah enam kesalahan dasar pengemudi mobil manual yang harus dihindari:

1. Kaki Selalu Standby pada Pedal Kopling

Kesalahan pertama yang biasa dilakukan oleh pengemudi adalah posisi kaki yang selalu standby di pedal kopling. Hal ini menyebabkan kopling cepat aus dan dapat mengakibatkan kecelakaan. Ketika berada di lampu merah atau sedang parkir, Anda harus menghindari meletakkan kaki Anda pada pedal kopling.

2. Memasukkan Gigi Mundur Sebelum Mobil Berhenti

Kesalahan berikutnya adalah memasukkan gigi mundur ketika mobil belum benar-benar berhenti dan masih bergerak maju meskipun pelan. Akibatnya, akan timbul suara kasar dari persneling dan tuas tidak dapat diubah posisinya menjadi mundur. Jika hal ini sering dilakukan, maka transmisi manual akan menjadi cepat rusak. Hal ini umumnya terjadi karena pengemudi tidak ingin menunggu agar mobilnya benar-benar berhenti sebelum memasukkan gigi mundur.

3. Menggunakan Putaran Mesin (RPM) Rendah

Kesalahan ini terjadi karena adanya pendapat bahwa kombinasi putaran mesin (RPM) rendah dan gigi tinggi mampu menghemat bahan bakar. Hal ini ada benarnya, tetapi pengemudi harus mempertimbangkan faktor lain seperti beban muatan, kecepatan mobil, kontur jalan, dan lainnya.

Apabila perhitungannya tidak tepat, maka penggunaan putaran mesin rendah dan gigi tinggi akan membuat mesin berada dalam tekanan berat. Jika hal ini dibiarkan, maka akan berakibat pada kerusakan ring piston dan komponen mobil lainnya.

Baca juga: Ketahui Berbagai Komponen Mesin Mobil Beserta Fungsi dan Bagiannya

4. Langsung Masuk ke Gigi 2 Ketika Mobil Baru Berjalan

Terlalu sering menggunakan gigi 2 ketika mobil baru berjalan ternyata berbahaya, lho. Kesalahan ini tentunya menambah beban pada mobil dan jika dilakukan secara terus-menerus, maka kerusakan mesin atau transmisi pun dapat terjadi. Untuk itu, pastikan untuk melakukan pemindahan gigi persneling secara bertahap dan tidak tergesa-gesa. Gunakanlah gigi 1 ketika mobil baru berjalan.

5. Memasukkan Gigi saat Parkir

Kebiasaan buruk yang perlu dihindari berikutnya adalah memasukkan gigi persneling ketika parkir, terutama dalam waktu yang lama. Banyak orang menganggap langkah ini efektif untuk mencegah mobil agar tidak bergeser.

Seharusnya, pengemudi menggunakan rem tangan untuk tujuan tersebut. Jika kesalahan ini dilakukan oleh pengemudi, ada potensi mobil akan meloncat saat dinyalakan. Loncatan mobil tersebut dapat menimbulkan kecelakaan, dan mengakibatkan kerusakan transmisi jika sering terjadi.

6. Menjadikan Tuas Persneling sebagai Sandaran Tangan

Kesalahan berikutnya adalah meletakkan tangan di atas tuas persneling dalam waktu yang lama. Tidak hanya mengurangi konsentrasi pengemudi, kebiasaan ini juga berpotensi merusak komponen tersebut. Dalam hal ini, menempatkan tangan kiri di atas tuas perseneling dapat memberikan tekanan pada sistem mekanis di bawahnya. Apabila kebiasaan ini berlangsung dalam waktu yang lama, umur pakai sistem mekanis dapat berkurang dan menyebabkan kerusakan.

Melalui informasi mengenai kesalahan dasar pengemudi mobil manual, tentunya Anda bisa lebih berhati-hati ketika mengendarainya. Jika Anda berkendara dengan cara yang benar, tentunya peluang untuk mengalami kerusakan komponen akan berkurang, dan mobil manual Anda akan awet.

Jika Anda tengah mencari mobil manual dengan harga yang terjangkau, JBA Indonesia merupakan opsi yang tepat. Dengan beragam penawaran lelang mobil, JBA Indonesia memberikan kesempatan kepada Anda untuk mendapatkan kendaraan impian secara mudah melalui lelang yang terbuka dan jujur.

Periksa jadwal lelang mobil sekarang untuk mengeksplorasi berbagai pilihan kendaraan yang ada. Melalui proses lelang yang transparan dan andal, Anda dapat memilih kendaraan yang cocok dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

News author picture PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia adalah balai lelang otomotif tepercaya dengan menyediakan berbagai macam pilihan kendaraan bekas. Tiap minggunya, JBA berhasil melelang lebih dari 1000 unit kendaraan untuk para pelanggan JBA.

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp